Cara riset Keyword

Hal pertama yang dipertanyakan adalah

Apa itu Keyword?

Riset Keyword Untuk Membuat Konten Berkualitas? Ini Dia Caranya!


Keyword atau kata kunci adalah istilah untuk kata-kata atau frase yang digunakan orang orang saat melakukan pencarian di goggle dan yang lainya tersebut.

Misalnya kalain mau liburan ke Bandung, lalu mengetikan tempat wisata daerah bantu di Google. Nah, frase tempat wisata di Bandung inilah yang disebut dengan keyword kata kunci yang kalian gunakan tersebut.

Keyword pencarian ini direkam oleh search engine seperti Google dan yang lain lainya. Datanya bisa dilihat nanti jumlah pencarian yang akan menggunakan  keyword tertentu, variasi penulisan keyword, dan yang lainya.

 

Riset Keyword Untuk Membuat Konten Berkualitas? Ini Dia Caranya!


Tujuan Riset Keyword

Tujuan riset keyword yang paling utama adalah untuk mengetahui topik apa saja yang dicari orang di mesin percarian goggle yang berhubungan dengan blog atau bisnis kalian tersebut.

  • Dengan melakukan riset keyword kalian bisa mengetahuinya
  •         Keyword atau kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis, atau tema dari blog kalian tersebut.
  •         Keyword yang potensial untuk mendatangkan visitor ke blog, atau calon client ke website bisnis kalian yang akan berkerja sama dengan kalian tersebut.
  • Mengetahui perkiraan visitor yang mencari keyword tertentu didalam goggle terPentin
  •         Melihat persaingan yang ada di mesin pencari atas keyword tertentu.
  •         Menyusun prioritas keyword mana yang dijadikan keyword utama dari blog bisnis kalian tersebut.

 

Kenapa Memilih Keyword itu Penting

Saya pikir memilih jenis keyword dalam membuat artikel itu sangatlah penting sekali. Tujuan utamanya adalah Biar apa yang ditulis dalam artikel ntar sesuai dengan apa yang dicari oleh visitor tersebut.

Selain itu, biar keuntungan yang kita dapetin juga lebih gede. Baik dari display ads ataupun jualan atau affiliate. Tambahan lainnya, biar kita terhindar dari jenis keyword yang useless atau tidak jelas kurang menguntungkan untuk kalian itu.

Saya pikir, kalau kita suka melakukan riset keyword sendiri, mengetahui hal ini penting sekali. Tapi jika kalian tidak melakukan riset keyword juga enggak papa sih tergantung kalian nya.


Jenis-jenis Keywords

1.     Short Tail Keyword

Yang pertama adalah short Keyword Keyword ini terdiri dari satu atau dua kata dasar keyword, seperti makan, eksplore, kuliner, jajan, kuliner jogja, makan jogja, makan murah dan lain lainya. Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangatlah tinggi karena sudah sangat umum dan dipakai oleh semua orang. Bersaing pada keyword short tail seperti ini cukup berat jika tidak didukung dengan kemampuan SEO yang lebih mumpuni lagi.

2.      Keyword Abadi

Yang ke dua adalah keyword abadi Seperti namanya, keyword ini merupakan keyword yang akan selalu dicari oleh orang orang kapanpun dan dimana pun mereka terkait dengan informasi yang mereka butuhkan terutama dalam kehidupan sehari-hari mereka tersebut. Contohnya seperti resep martabak manis, gejala pilek, cara meredakan demam pada anak, dan lain-lainya. Kata kunci yang tertera terkait dengan kehidupan sehari-hari yang biasanya dialami oleh semua orang.

3.      Keyword Musiman

Yang ketiga adalah keyword musiman Keyword ini muncul ketika sedang terjadi sesuatu yang sifatnya populer sementara. Bisa jadi sesuai isu, event, gerakan, atau peristiwa tertentu yang sedang terjadi. Contohnya Skor sementara barcelona vs real Madrid, Gejayan Memanggil dan lain-lainya yang berhubungan dengan viral yang sementara atau musiman enggak selamanya.




Riset Keyword Untuk Membuat Konten Berkualitas? Ini Dia Caranya!


Cara Riset Keyword dengan Mudah

1.      Google Keyword Planner

Yang pertama adalah google keyword planner Produk Google ini memiliki manfaat untuk tahu estimasi traffic dari target keyword yang kamu gunakan dan membantu mencari keyword yang relevan dengan niche website dan blog kamu tersebut

2.      Google Trends

Yang kedua adalah google trends Tools dari Google ini memiliki tujuan untuk memberikan insight pada orang-orang yang terkait semua hal tentang yang mereka cari di mesin pencari google tersebut. Tool ini memiliki kemampuan untuk membagi hal-hal seperti lokasi geografik, segmentasi, kategori produk, hingga tanggal pencairan pada google Tersebut.


Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Riset

Setelah penjelasan mengenai tools yang dipakai untuk meningkatkan traffic, maka apa yang harus kamu lakukan untuk riset keyword? Ada empat hal yang harus diperhatikan sebagai komponen, adalah:

1.      Volume Pencarian

Yang pertama adalah volume pencarian yang bisa kamu perhatikan adalah volume pencarian. Hal ini terkait dengan adanya seberapa sering sebuah kata kunci dicari melalui Google dengan kurun waktu yang tertentu. Keyword tool yang sudah disebutkan tadi bisa menampilkan jumlah banyaknya kata kunci tersebut dalam beberapa kurun waktu dari hari, minggu hingga bulanan. Misalnya kata kunci liburan menunjukkan angka 2000 maka kata kunci tersebut diketik di Google sebanyak 2000 kali dalam kurun waktu umumnya kurang lebih satu bulan tersebut.

 

2.     Tingkat Kesulitan Kata Kunci

Yang kedua adalah tingkat kesulitan kata kunci Jika kamu memiliki website atau blog yang tergolong masih baru sekitar umur 2-4 bulan, maka akan sangatlah sulit sekali untuk mendapatkan peringkat tinggi dengan website lain yang sudah lebih dulu membuat website nya tersebut. Hal ini karena Google butuh waktu untuk mempercayai dan mengenali website atau blog kamu tersebut. Sebaiknya yang perlu kamu lakukan adalah membuat traffic dengan meningkatkan jumlah pengunjung web dalam waktu yang tidak lama lagi. Untuk Hal ini akan membentuk reputasi website kamu agar bisa diketahui oleh Google.

 

Riset Keyword Untuk Membuat Konten Berkualitas? Ini Dia Caranya!


3.      Kata Kunci yang disarankan

Yang ketiga adalah kata kunci yang disarankan Suggestion keyword berkaitan dengan hal yang akan kamu lakukan tersebut. Ketika kamu mencari sebuah hal dengan kata kunci yang tertentu maka Google akan memberikan saran kata kunci yang relevan dengan yang kamu cari di google tersebut. Contohnya, ketika kamu menuliskan kata kunci membuat website mudah maka Google akan memberikan saran beberapa kata kunci yang relevan seperti cara mudah membuat website yang mudah, membuat website gratis tanpa biaya apapun, tahapan tahapan ketika membuat website, dan lain lain sebagainya.

 

4.      Halaman Hasil Pencarian (SERP)

Yang ke empat adalah halaman hasil pencarian (serp) atau yang disebut dengan Search Engine Result Page merupakan sebuah halaman yang isinya hasil pencarian sesuai kata kunci tertentu yang diakses dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, bing dan lain-lainya yang memiliki sifat secara dinamis. Fungsi SERP membantu kamu untuk melihat kualitas dari lama-laman lain yang menduduki peringkat teratas pada sebuah mesin pencari yang kamu gunakan tersebut.


Kesimpulan

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara riset keyword yang harusnya kamu sudah agak mengerti tentang keyword tersebut atau kata kunci pada pencarian Google tersebut yang saya bahas kali ini mulai dari apa itu keyword, tujuan riset keyword, kenapa memilih keyword itu penting, jenis jenis keyboadan, cara Riset Keyword dengan mudah dan hal yang perlu diperhatikan ketika mereset keyword yang sudah saya bahas diatas tadi.