Internet marketing adalah bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.

Internet Marketing, Apa Tujuan dan Manfaatnya?



Tujuan Internet Marketing

Tujuan utama dari pemasaran internet adalah untuk menjangkau konsumen seluas-luasnya guna menawarkan barang, jasa atau iklan. Pemasaran digital menjadi metode yang paling ampuh dalam memasarkan suatu produk. Hal ini didorong oleh keunggulan dari pemasaran digital itu sendiri, seperti kemudahan membangun interaksi dengan konsumen, lebih hemat biaya, waktu, tempat dan lebih terukur.

Internet marketing sendiri terdiri dari berbagai strategi pemasaran dengan sarana yang berbeda-beda.


Strategi Internet Marketing

 Berikut ini adalah 10 strategi yang dapat dilakukan:

  • Ciptakan Website
  • Buat Blog
  • Datangkan Traffic dengan SEO
  • Iklankan Situs di Hasil Pencarian dengan SEM
  • Terapkan Email Marketing
  • Lakukan Guest Blogging
  • Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing
  • Manfaatkan Google Bisnisku
  • Lakukan Affiliate Marketing
  • Bekerjasama dengan Influencer

Internet Marketing, Apa Tujuan dan Manfaatnya?


Ciri Konsep Internet Marketing

Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twitter, dan semacamnya
  • Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
  • Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
  • Komunikasi banyak arah, baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk.


Manfaat Internet Marketing

Internet Marketing, Apa Tujuan dan Manfaatnya?


Berikut ini ada beberapa manfaat dari internet marketing, antara lain:

  • Tidak memerlukan modal yang besar. Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengembangkan bisnis anda melalui internet. Anda hanya memerlukan strategi yang tepat, serta melakukan riset mengenai kompetitor dari produk anda.
  • Jangkauan costumer yang lebih luas. Dengan bantuan media internet, dapat meningkatkan cakupan atau scope customer secara luas. Sehingga relasi yang dapat anda peroleh tidak hanya dalam ruang lingkup daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat global.
  • Proses optimasi dan performa yang dapat diukur. Apabila menggunakan metode bisnis konvensional, proses evaluasi dan monitoring bisnis akan sedikitsulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi menggunakan metode online marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui internet dapat memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.
  • Aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah Tidak ada batasan tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet. Sebagian besar pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi anda dalam hal melakukan promosi produk.

Jadi, Tujuan dari internet marketing sendiri adalah mendapatkan konsumen yang lebih luas, serta sebagai sarana untuk mempromosikan kegiatan bisnis.